Selasa, 28 Februari 2012

wifi

Wifi

   Teknologi sambungan komunikasi tanpa kabel dikenal dengan Wirelless Fidelity (Wifi). Teknologi jaringan tanpa kabel menggunakan frekuensi tinggi berada pada spectrum 2,4 GHz. Pengguna dapat terhubung ke internet dengan Wifi menggunakan sebuah notebook dan PDA yang dilengkapi dengan kartu Wifi (Wifi Card). Jika notebook yang digunakan menggunakan processor yang dilengkapi teknologi mobile, maka kartu wifi tidak diperlukan. Dengan menggunakan Wifi, pengguna dapat mengakses internet dengan kecepatan hingga 11 Mbps. Dengan menggunakan Wifi pengguna tidak membutuhkan kabel untuk terhubung kejaringan, namun pengguna harus berada pada daerah yang mempunyai sinyal Wifi. Daerah yang mendapat sinyal Wifi kurang lebih daerah yang berada pada radius 100 meter dari titik akses atau hotspot.
   Ada tiga komponen dalam sebuah lokasi hotspot sebagai berikut :
1.    Access Point, yaitu perangkat yang menghubungkan teknologi wireless LAN dengan Ethernet yang terdapat dikomputer. Luas daerah yang dijangkau oleh sebuah titik akses mencapai 25-100 meter.
2.    Access Controller, yaitu perangkat yang berfungsi sebagai alat autentifikasi yang mengecek apakah seorang pengguna mempunyai hak atau izin untuk melakukan akses.
3.    Internet Link, yaitu perangkat yang menghubungkan lokasi hotspot dengan internet. Internet Link mempunyai kemampuan koneksi ini digunakan untuk melayani seluruh pengguna dalam satu lokasi.
   Kelemahan akses internet dengan Wifi antara lain jarak titik akses dengan point atau computer hanya berada pada daerah sejauh 100 meter, dan sampai saat ini, masih terbatas pada tempat-tempat yang dipasang titik akses. Terbatasnya daerah sinyal Wifi dan jarak jangakauan yang pendek membuat pengguna hanya dapat menggunakan Wifi didaerah tertentu saja. Saat ini dikembangkan sebuah teknologi nirkabel baru disebut dengan Wireless Broadband (WiBro). Dibanding dengan Wifi, Wibro dapat diakses dari jarak 1 kilometer dari titik aksesnya dengan kecepatan akses 512 kbps

Tidak ada komentar:

Posting Komentar